Review 1 bulan MPASI

2/27/2010 10:41:00 PM Posted In Edit This 0 Comments »



Nggak terasa sudah hampir satu bulan Rayhan dapet MPASI. Kepengen bikin reviewnya sekalian buat dokumentasi.
Untuk menu nya dirumah Mama buat tabelnya ditempel di dinding dekat kulkas jadi gampang kalo mo bikinin makannya, sebenarnya jg mo masukin di blog tapi nggak tau caranya *oondotcom*


Waktu Rayhan pertama kali MPASI, jadwal makan Rayhan masih 1x sehari pas makan siang, itupun jumlahnya masih sedikit dan bentuknya masih cair banget mirip ASI. Cara buatnya pun, utk pertama kali tepungnya cmn 1 sdt dimasak sampai kental kemudian dicampur 20cc ASIP untuk mencairkan atau mengatur kekentalannya. Lama kelamaan kalo sudah biasa, tepungnya bisa 2 sdm + ASIP.
Mama pake aturan tunggu 3 hari untuk melihat ada tidak nya alergi.


Berikut menu MPASI Rayhan pertama kali, yaitu jenis serealia :

* Tepung Beras Coklat Gasol
* Tepung Beras Merah Gasol
* Tepung Kacang Ijo –> Rayhan gak begitu doyan


Oiya, setelah mulai makan BAB Rayhan jadi tiap hari biasanya 3 hari sekali. Tapi akhir2 ini bentuk BAB nya agak lain, biasanya lembek dan ngk berbentuk tapi akhir2 ini udh seperti BAB orang dewasa mulai berbentuk. Apa karena waktu itu makan ubi jalar ya?
Minggu ke 2 dan seterusnya, Rayhan mulai makan 2x pagi setelah bangun tidur pagi kira2 jam 10 dan sore setelah mandi sore. Menunya sehari seh masih sama, jumlahnya pun masih sama sekali makan.

Berikut jenis sayuran yang dikenalin ke Rayhan :

* Kentang
* Ubi Jalar


Untuk jenis sayur-sayuran ini, Rayhan doyan banget sama ubi jalar.. Bisa lahap en cepet banget makannya. Cara buatnya pun gak susah, bahan2 tersebut cukup dikukus atau direbus, tp lebih baik seh dikukus biar zat vitaminnya gak banyak yg ilang.. Setelah empuk baru dihaluskan kemudian tambahin ASIP secukupnya

Biar Rayhan gak bosen, baru deh divariasiin menu tiap harinya. Untuk makanan yg Rayhan kurang suka Mama akalin dengan mencampurnya dengan buah. Untuk buah caranya hanya dihaluskan dengan menyaring atau memblender buah tersebut. Rayhan suka banget kalo makan buah, mgkn karena rasa manisnya. Buah-buahan yang sudah mama kenalkan ke Rayhan adalah :

* Pisang
* Pepaya
* Pir
* Apel
* Jeruk

pengen juga kasih zuccini dan kabocha cuma di padang ngk ada yang jual karena pasca gempa 30 september kemaren semua supermarket disini hancur dan sampai sekarang belum ada yang beroperasi. Dan tentunya di pasar tradisional ngk ada yang jual.

Dari semua makanan yg udah dicobain ke Rayhan, ada yg disuka dan kurang disuka.
Makanan yang paling digemari :avocado,ubi jalar,jeruk n Pepaya.
Dia gak pernah nolak kalo disodorin makanan di atas.

Makanan yang biasa aja. gak terlalu susah, tapi juga gak secepat makanan di atas buat ngabisinnya : Pisang,pear, gasol beras merah dan beras coklat.

Makanan yang Rayhan kurang suka dan makannya sambil meringis : bubur kacang hijau dan apel. Walau pun udah Mama campur dengan buah yang lain tetep aja mulutnya susah dibuka.

Akhir-akhir ini Rayhan makannya agak susah, bisa lama banget baru abis. Biasa nya lahap2 aja. Tapi skrg seh dah mendingan, tp tetep aja lahap cmn bbrp suap, selebihnya mulut dibuka tp lidah ditempelin ke langit2 mulut, jd makanan tetep aja ga bisa masuk alias banjir aja di bibir. Jadi Mama harus pinter-pinter ngakalinnya caranya dengan makan sambil mimik. hah? iya jadi Rayhan makannya sambil mama pangku trus disuapin kalo makanan dah masuk mulutnya Rayhan tetap ngk mau nelan jadi harus dikasih mimik dulu baru deh makanannya langsung ditelan. Ada2 aja ulahnya tapi biarlah yang penting makanan nya habis.

Catatan di MPASI 6 bulan ini :

* Frekuensi pemberian 1-2 kali sehari.
* 1 minggu pertama, makanan dibuat encer dahulu, minggu2 berikutnya berangsur-angsur ditambah kekentalannya. Kalau Rayhan minggu ke-3 sudah gak ditambah ASI sebagai pengencer.
* Buah-buahan kecuali pisang dan pepaya dikukus dahulu sebelum disaring.
* Memperkenalkan 1 jenis makanan baru saja dalam satu hari. Hal ini untuk mempermudah mencari penyebab apabila ada masalah alergi atau pup.

Kesimpulan MPASI pertama ini alhamdulillah sukses semoga seterusnya Rayhan makannya tambah semangat.


Untuk resep MPASInya mama posting terpisah aja ya....

0 komentar: