Campak atau Roseola?

2/18/2010 02:50:00 PM Posted In Edit This 0 Comments »
Hari minggu kemaren Rayhan demam lagi. Mama tau nya waktu bangun tidur kok ngerasa badan Rayhan panas langsung Mama cek pake termometer dan ternyata benar suhu badannya 38'C.

Setengah jam stlh itu Mama cek lg 38,6. Mama jd agak kwatir takut DBD soalnya tetangga kiri kanan dah kena DBD. Tapi setelah Mama periksa di badan Rayhan ngk ada bintik merahnya dan Rayhan keliatan masih aktif, Mama separo lega.
Jadi Mama masih memberikan home treatment aja dengan banyak mimi ASI, mamam, juga berendem air anget yang agak lama.

Tengah malam Mama cek lagi ternyata suhu badan Rayhan tambah tinggi 39,6'C dan Mama udah takut aja makanya mama langsung aja kasih Rayhan tempra drop.
Setelah beberapa saat panas Rayhan berangsur-angsur turun tapi setelah beberapa jam panas lagi begitu terus hingga hari kedua dan rencananya kalo hari ketiga masih demam Mama akan bawa ke rumah sakit.

Dan alhamduliilah besoknya demam Rayhan mulai turun.

Tapi malamnya… lohh.. lohh… koq di muka Rayhan jadi timbul bintik2 merah begini???

Rash/bintik2 merah itu bertambah terus, yang tadinya hanya diwajah, sekarang bertambah hingga ke badan, punggung, tangan dan kaki. Setelah Mama browsing2 inet akhirnya Mama yakin ternyata Rayhan terkena Roseola, yaitu virus yang menyebabkan badan Rayhan timbul bintik2 merah (tidak menyebabkan gatal). Bedanya sama campak, kalau Roseola muncul bintik2nya setelah demam turun, sedangkan kalau campak timbul bntik2 merahnya saat badan masih panas.

Karena si ros ini disebabkan oleh virus jadi tidak ada obat untuk Roseola, yang ada banyak mimi ASI, banyak mamam dan banyak istirahat. Setelah 3 hari bintik2 merah ditubuh Rayhan hilang sendiri tanpa bekas… Dan wajah asli Rayhan yang lucu dan menggemaskan jadi terlihat jelas lagi deehhh… hehehe…
Alhamdullillah....


Bye byeee Roseolaaaa….

0 komentar: